Senin, 22 April 2013

Al-Baqarah

isi surah al-baqarah (sapi betina)

untuk posting kale ini saya ingin membahas tentang isi dan kelebihan dari surah al-baqarah. Surat Al-baqarah yang terdiri dari 286 ayat ini turun di Madinah yang sebahagian besar diturunkan pada permulaan tahun Hijrah, kecuali ayat 281 diturunkan di MIna pada Hajji wada (hajji nabi Muhammad SAW yang terakhir). seluruh ayat dari surat al-baqarah termasuk golongan Madaniyyah, merupakan surat yang terpanjang diantara surat-surat Al-quran yang didalamnya terdapat pula ayat yang terpanjang (ayat 282)

surat ini dinamai Al-Baqarah kerena didalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67 sampai dengan 74), dimana dijelaskan watak orang Yahudi pada umumnya. dinamai Fastatul-Quran (puncak Al-quran) kerena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat lain. pokok isi surat Al-baqarah adalah :

1. keimanan

da'wah islamiah yang dihadapkan kepda umat islam, ahli kitab dan para musyrikin.

2. hukum-hukum

perintah mengerjakan sholat, menunaikan zakat, hukum puasa, hukum haji dan umrah, hukum qisas, hukum yang halal dan haram, bernafkah dijalan Allah, hukum arak dan judi, cara menyantuni anak yatim, larangan riba, hutang piutang, nafkah dan yang berhak menerimanya, wasiat kepada dua orang ibu-bapa, dan kaum kerabat, kewajiban menyampaikan amanat, shir, hukum merusak mesjid, hukum merobah kitab-kitab Allah, hukum aid,'iddah,talak, dan susunannya, hukum melamar, larangan mengawini wanita musyrik dan sebaliknya, hukum perang.

3. kisah-kisah

kisah penciptaan Nabi Adam AS, kisah nabi Ibrahim AS, kisah nabi MUsa AS dengan Bani Israil

4. Dan lain-lain

sifat-sifat orang bertaqwa, sifat-sifat orang munafik,sifat-sifat Allah,perumpamaan-perumpamaan,kiblat,kebangkitan sesudah mati.

adapun kesimpulan dalam surat Al-Baqarah ini adalah:


1. menjelaskan beberapa hukum dalam agama islam

2. mengemukakan beberapa perumpamaan.

3. mengemukakan hujjah-hujjah.

semoga posting kali ini bermanfaat dan menambah iman kita kepada Allah SWT, jika ada kesalahan dalam posting saya minta maap dan selamat menjalankan aktifitas :)


sumber : Kitab Al-quran karangan Al Mubin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar