Selasa, 08 Mei 2012

teknik berbisnis online

Teknik dan strategi dalam sistem bisnis online ini sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi bisnis online anda.

a. Membangun Site Bisnis Ratusan artikel maupun buku mengenai teknik pemasaran di internet yang beredar di pasaran berisi bagaimana memulai sebuah bisnis yang dapat memberi keuntungan dalam satu malam. Kami berharap melalui halaman ini pembaca dapat mulai melihat beberapa teknik yang ada dan menjadikannya sumber informasi untuk bisnis baru anda.

Ada 5 tips untuk memulai pembuatan website:

1.Line produk hendaknya disampaikan secara nyaman melalui email atau melalui internet.

2.Pemilihan produk yang tepat untuk dipasarkan secara luas atau dalam jangkauan global (regional/antar negara). Hendaknya produk baik jasa maupun barang dapat mengena kepada masyarakat secara luas.

3.Bandingkan biaya teknologi baru dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisnis konvensional seperti sewa tempat, tenaga kerja, persediaan, biaya percetakan, dsb.

4.Pembuatan website yang besar dan menarik yang tampak seperti perusahaan besar.

5.Permudah pengunjung untuk masuk ke dalam website anda dengan cara membangun link menuju website anda. Bagaimana agar website anda sering di kunjungi pelanggan?

Ada 4 tips untuk meningkatkan website:

1.Bandingkan website yang kita buat dengan website orang lain yang sering di kunjungi, lalu koreksi kekurangan dari website yang kita buat.

2.Fokuskan tujuan dari website yang kita buat, apakah ingin menampilkan hal unik, lucu, mendidik, dsb.

3.Membandingkan budaya perusahaan dengan image perusahaan Anda. Sebaiknya website yang dibuat mendukung keduanya.

4.Disain atau mendisain ulang web yang Anda buat. Jika diperlukan gunakan konsultan untuk mendesain ulang web yang Anda buat.

5. Selalu meningkatkan kualitas web dan menanyakan kepada pelanggan tentang web Anda.

Salah satu tujuan dari makalah ini adalah untuk menyediakan informasi yang singkat dan mengena, cocok untuk dijadikan pegangan praktis dan strategis.

1. bangun Unique Web Position dalam bisnis anda. Apa hal yang paling unik dari produk atau layanan anda? Apakah lebih baik dari pesaing anda atau sama dengan apa yang ditawarkan oleh produk orang lain? Site online yang sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada. Site yang mampu untuk menang adalah yang memunculkan sisi unik dari target pasarnya.

2. Unique Web Position lebih penting daripada copy iklan. Gabungan antara konsep dan UWP (lihat teknik #1) yang bagus akan selalu berhasil meskipun hanya menggunakan copy iklan yang biasa-biasa saja.

3. Jangan hanya menawarkan harga murah jika produk tidak menjual. Dalam beberapa kasus, anda mungkin memasang harga tinggi pada produk yang ditawarkan. Hal ini terjadi karena anda tidak memposisikan diri untuk mempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada konsumen anda. Tambahkan bonus, lebih fokus pada UWP, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, berikan selalu nilai tambah pada produk yang anda tawarkan.

4.Temukan pasar sebelum menciptakan produk. Orang yang memulai bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari pasarnya, akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar yang penuh dengan orang-orang yang telah siap untuk membeli sesuatu. Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru kemudian mengembangkan produk yang secara konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.

5. Temukan kerumunan yang lapar. Semakin lapar pasar potensial akan produk anda, kemudian untuk sukses akan selalu tersedia. Jangan habiskan waktu anda untuk mengubah kebiasaan orang dalam membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak dicari orang.

6.Jangan coba-coba membuat pasar. Temukan pasar yang sudah ada. Jika anda mengalami kesulitan dalam menggambarkan siapa prospek anda sebenarnya, maka anda akan menghadapi cobaan berat dalam manjual produk anda. Masuklah ke pasar yang telah siap untuk membeli produk anda.

7. Testing adalah kunci keberhasilan. Sebuah iklan mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif di banding dengan iklan lain yang hampir mirip untuk produk yang sama. Untuk itu, anda harus selalu melakukan tes untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metode meningkatkan permintaan lainya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Mereka adalah yang selalu melakukan tes untuk memperoleh metode yang paling baik tanpa pernah menyerah.

8. Alasan melakukan iklan untuk meningkatkan panjualan. Sebuah usaha kecil tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah untuk belanja iklan, menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai contoh, banner iklan anda harus diuji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.

9. Selalu ada biaya untuk sebuah iklan gratis. Sekecil apapun iklan yang anda lakukan pasti akan menarik ongkos dari anggaran, entah dalam bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Tidak ada satu pun yang anda lakukan yang benar-benar gratis.

10.Setiap aspek dari website dan pemasaran anda harus difokuskan pada menampilkan UWP anda kepada konsumen. Apa pun yang anda lakukan harus selalu difokuskan kepada Unique Web Position Strategy: file signature, tajuk, order form, free reports, iklan dan lainnya. Buatlah konsumen anda selalu tahu apa yang membuat anda berbeda dari pesaing anda.

11.Integrasikan yang anda lakukan dalam satu strategi. Aktivitas yang bermacam-macam, free report dan iklan harus difokuskan pada prospek yang sama dan secara terus-menerus menggiring prospek ke arah keputusan pembelian. Jangan memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan orang untuk mengunjungi website anda. Sepuluh orang prospek yang siap untuk membeli semua produk yang ditawarkan akan lebih berguna dibanding dengan jutaan orang yang hanya melihat-lihat saja.

12.Rencanakan berbagai aliran pendapat di muka. Banyak kasus, 50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet di peroleh dari tambahan layanan. Jika anda lalai memberi lebih dari satu jenis produk atau jasa, anda akan kehilangan sebagian besar keuntungan.

13.Yakinkan anda menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan strategi. Jika anda menjual dengan harga murah (harga barang di bawah Rp. 50.000) bukan barang konsumsi, anda harus menambahkan nilai pada barang tersebut. Akan lebih mudah menjual sebuah barang berkualitas tinggi seharga 1 juta dibanding menjual 50 barang seharga 50 ribu.

14.Ciptakan wadah internet marketing milik sendiri. Strategi terbaik yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang maupun tinggi secara bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah. Contoh, seorang konsultan dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus pemasaran untuk penawaran medium. Kemudian untuk penawaran tinggi dengan memberi konsultasi yang sebenarnya sebagai core business-nya.

15.Ambil pasar yang paling anda sukai. Jangan mengambil pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar anda sukai. Jika anda bersemangat dengan pasar anda, maka anda akan menemukan cara yang mudah untuk menggelutinya sampai anda mencapai kesuksesan.

16.Selalu bersedia untuk berpikir di luar wilayah anda. Bersedia untuk memandang dan berpikir di luar internet untuk menemukan ide-ide maupun strategi-strategi baru yang mungkin dapat membantu meningkatkan keuntungan. Jika sebuah teknik dapat membantu menaikan keuntungan secara off-line, bias jadi diterapkan secara online. Satu-satunya cara untuk mengetahui hal itu adalah dengan testing.

17 Kita membicarakan tentang teknik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada teknik pemasaran yang benar-benar baru. Seseorang di industri yang berbeda mungkin telah menggunakannya. Jadi, tetaplah buka mata, buka telinga di mana pun anda berada.

18.Sifat manusia selalu sama. Kaidah dasar pemasaran yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi sampai sekarang adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen akan lebih tertarik kepada dirinya sendiri di banding dengan bisnis anda. Orang masih menginginkan keuntungan dasar bagi dirinya sendiri bukan orang lain.

19.Temukan kesempatan yang paling mudah. Jangan pilih produk yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai, terutama bila anda sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakan waktu satu bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan anda masih dalam jalur yang benar.

20.Hindari tantangan ketika memilih bisnis. Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah anda selesai mendirikan suatu proyek. Jadi, temukan proyek yang anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang memakan waktu lebih dari sebulan.

Semua yang tertulis di atas sangatlah mudah untuk diucapkan, tetapi hal sebenarnya dalam mengaplikasikannya dalam bisnis anda adalah hal yang lain lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar