Jumat, 02 Desember 2011

Menomorsatukan kebutuhan primer

Kalau kita membahas tentang cara mengontrol keuangan adalah masalah yang sangat susah untuk mereka control apalagi bagi anak kostan seperti saya karena Masa muda merupakan masa yang indah. Hasrat untuk menunjukan jati diri pun semakin bergejolak. Hal yang dapat mendukung hal ini adalah dengan tingginya tingkat konsumtifitas yang terjadi di kalangan anak muda. Membeli barang-barang bermerk yang dianggap menunjang penampilan pun berusaha diwujudkan. Semakin mahal dan bermerk suatu barang semakin bangga juga seseorang menunjukan tingkat status sosialnya dan “kegaulannya”. Yak dikarenakan hal tersebut pula batas antara keinginan dan kebutuhan pun agak rancu. Sebagaian orang pun akan bingung untuk menentukan pilihan yang mana harus didahulukan. Sehingga pengeluaran seharusnya bisa dikontrol jadi tidak terkendali.
Keuangan memang suatu hal yang sensitive , keuangan juga sesuatu yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Nah , kebiasaan orang Indonesia apabila mereka mendapatkan gaji sebelum akhir bulan tidak tutup kemungkinan gaji tersebut udah habis. Disini saya akan mencoba berbagi tips untuk mengontrol keuangan kita :
a. Waktu kita mendapatkan gaji , sebagaian gaji diambil untuk ditabung
b. Lebih mementingkan terlebih dahulu kebutuhan primer anda
c. Kalau bisa buatlah schedule belanja laporan keuangan anda
d. Kumpulkan bukti-bukti belanja anda bulan lalu dan analisa , apakah barang tersebut penting untuk dibeli lagi atau tidak
e. Pahami posisi keuangan anda bulan ini atau saat ini
f. Tentukan target keuangan anda
g. Dan sebagainya
Nah , mudah-mudahan tips diatas bisa membantu kita untuk mengontrol keuangan kita y. ingat !! selalu menomorsatukan kebutuhan primer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar