Interaksi Sosial
1.Pengertian
Interaksi sosial adalah dasar proses sosial. Beberapa bentuk interaksi sosial:
►Interaksi sosial antara kelompok-kelompok manusia, tapi pribadi terkait.
►Interaksi sosial antara individu-individu dimana masyarakat terkait.
2.Faktor-faktor Interaksi Sosial
a. Faktor Imitasi
Adalah setiap individu memiliki sifat kecenderungan untuk melakukan seperti yang dilakukan oleh orang lain.
√ Elemen-elemen yang menyebabkan terjadinya faktor imitasi:
♠ bahwa pada diri individu yang bersangkutan terdapat minat terhadap hal-hal yang akan ditirunya, dan kemudian menimbulkan perhatian besar, terhadap hal-hal yang bersangkutan.
♠ bahwa pada diri individu yang bersangkutan, ada anggapan bahwa hal-hal yang d iminatinya ada satu nilai yang berharga dan berguna bagi dirinya.
b. Faktor Sugesti
Adalah suatu proses mempengaruhi dari individu terhadap individu lain, sehingga ia dapat menerima norma atau pedoman tingkah laku tertentu tanpa melalui pertimbangan terlebih dahulu.
√ Elemen-elemen yang menyebabkan terjadinya faktor sugesti:
A.Faktor hambatan daya kemampuan berfikir
●Perhatikan kondisi-kondisi kelemahan orang yang akan di sugesti. Orang yang mudah di sugesti biasanya orang yang berada dalam ketidakmampuan menggunakan daya pikirnya.
B.Faktor daya pikir yang terpecah-pecah
●Dalam proses ini dimana seseorang individu itu sedang mengalami banyak sekali pikiran (banyak hal-hal yang di pikirkannya).
. Faktor Penggunaan Kewibawaan
● maksudnya ialah misalnya seseorang punya pengalaman di masa lampau yang telah di akui wibawanya oleh orang-orang yang akan di sugesti.
D. Faktor Pengukuhan Keyakinan Diri
● maksudnya pada diri seseorang kadang-kadang telah memiliki suatu gambaran keyakinan dan sikap terhadap suatu norma atau pedoman-pedoman tingkah laku tertentu.
E. Faktor Pendapat Mayoritas
● maksudnya, adanya suatu pengaruh dari luar berkenaan dengan norma-norma atau pedoman tingkah laku tertentu. Hal ini akan mudah di terima oleh individu, apabila sebagian besar dari kelompoknya telah menyatakan persetujuan
c. Faktor Identifikasi
Adalah suatu kecenderungan yang tanpa disadari untuk menyamakan diri atau bertingkah laku yang sama seperti yang dilakukan pihak lain.
√ Elemen-elemen yang menyebabkan terjadinya faktor identifikasi:
A. awalnya tidak di sadari
B. kemudian terdapatnya suatu hubungan antara suatu motif tidak sadar dengan nilai-nilai yang menjadi sasaran identifikasi.
d.Faktor Simpati
Adalah Suatu kecenderungan sikap merasa dekat dan tertarik untuk mengadakan hubungan saling mengerti dan kerjasama dari pihak individu yang satu terhadap individu yang lain.
3.Bentuk – Bentuk Kerja sama & persaingan Sosial
Bentuk kerja sama interaksi social adalah ;
1.Spontan ≈► kerja sama yang terbentuk secara serta merta.
2.Langsung ≈► kerja sama yang terbentuk secara langsung, merupakan perintah atasan atau penguasa.
3.Kontrak ≈► kerja sama atas dasar suatu perjanjian tertentu.
4.Tradisional ≈► kerja sama sebagai bagian atau unsur dari sistem sosial.
Sedangkan Persaingan (Competition)
Adalah suatu proses sosial, dimana individu atau kelompok-kelompok manusia bersaing, mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik perseorangan maupun kelompok manusia), dengan cara menarik perhatian publik atau mempertajam prasangka yang telah ada, tanpa mempergunakan rencana
Tipe – tipe persaingan terbagi atas ;
a.Persaingan yang bersifat pribadi.
Adalah orang perorangan atau individu secara langsung bersaing, misalnya untuk memperolah kedudukan dalam suatu organisasi.
b.Persaingan yang bersifat tidak pribadi.
Adalah yang bersaing kelompok. Persaingan dapat terjadi antara dua perusahaan besar dalam mendapatkan monopoli di suatu wilayah tertentu
4 Sumber
PROSES SOSIOLOGI dan INTERAKSI SOSIOLOGI , Putri Fettisia Kaseger, B.Comm, M.Sc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar